Karakteristik Musik Modern


    Musik modern memiliki banyak aliran, diantaranya rock, jazz, ska, R&B, dan sebagainya. Masing-masing aliran juga memiliki latar belakang yang berbeda. Setiap aliran musik yang berkembang biasanya dipengaruhi oleh faktor diantaranya adalah ideologi, agama, kondisi politik, ekonomi, alam, budaya, dan sosial masyarakatnya.
    
  Karakteristik musik tidak bisa terlepas dari unsur musik yang sangat penting. Yang termasuk dalam unsur-unsur musik yaitu ritme, melodi, harmoni, dan ekspresi.

1.    Unsur Ritmis
Merupakan unsur musik yang memainkan irama. Biasanya berupa alat musik tanpa nada seperti drum, perkusi, atau alat musik etnis yang tidak memiliki nada. Unsur ritmis memiliki fungsi untuk mengatur irama, atau tempo musik sehingga terdengar stabil atau teratur.
2.    Unsur Melodis
Yaitu unsur musik yang mengutamakan nada. Artinya, unsur ini merupakan susunan nada yang merupakan inti dari sebuah lagu atau nusik. Dari mendengar nadanya, kita bisa menentukan irama atau tempo dari melodinya. Alat musik yang mendukung unsur melodis adalah piano, gitar melodi, biola, flute dan lain-lain yang memiliki nada dan cendrung dimainkan solo.
3.    Unsur Harmonis
Yaitu unsur yang berfungsi sebagai pengiring melodi. Setiap melodi akan terdengar lebih harmonis apabila diiringi dengan nada-nada lain secara bersamaan atau disebut akor. Akorlah yang menentukan keselarasan atau harmonisasi musik. Alat musik  yang mendukung unsur harmois adalah gitar, piano atau keyboard, dan alat musik lain yang bisa untuk memainkan akor.
4.    Unsur Ekspresif
Yaitu unsur yang menentukan keindahan sebuah lagu atau musik. Sering kita kihat penyanyi atau musisi membawakan sebuah lagu dengan penuh perasaan, sehingga terdengar lebih indah dan lebih menyentuh perasaan. Atau sebaliknya apabila lagu yang dibawakan adalah lagu yang bergembira atau bersemangat, maka membawanya juga dengan bersemangat dan enerjik, mencerminkan isi lagu yang dibawakan. Ekspresi adalah ungkapan perasaan atau penjiwaan melalui lagu atau musik. Ekspresi dapat ditampilkan melalui kostum/pakaian, make up, tarian, suara, dan dekorasi pentas.